James Derulo's

Portfolio

New Media dan Internet

Leave a Comment

Konsep Dasar New Media dan Contoh Aplikasi New Media

 

Kata media berasal dari bahasa latin yang memiliki arti sebagai perantara sebuah informasi dengan penerima informasi. Yang artinya New Media secara bahasa dapat berarti “perantara baru”. Istilah New Media sebenarnya baru muncul di akhir abad ke 20, digunakan untuk menyebut media baru yang menggabungkan berbagai media konvensional di Internet. Teknologi yang digambarkan sebagai New Media mempunyai ciri digital, sering mempunyai karakteristik dimanipulasi, melalui jaringan, padat, kompresibel, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh diantaranya mungkin Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROM, dan DVD. Ada new media baru yaitu AR(Augmented Reality)adalah sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi, lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. AR dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan dan penciuman. Dapat digunakan dalam bidang kesehatan, militer, industri manufaktur dan bisa diaplikasikan pada telepon genggam.
New Media yang dijelaskan oleh Lev Manovich dalam pengantar Reader New Media, mendefinisikan new media dengan delapan bagian, 3 bagian diantaranya yaitu :
·         Media baru vs. Cyberculture
Cyberculture adalah fenomena sosial yang berkaitan dengan internet dan juga jaringan komunikasi. Sedangkan New Media lebih mengarah kepada benda berparadigma (smart phone, dan perangkat analog lainnya).
·         New Media sebagai Teknologi Komputer yang digunakan sebagai Platform Distribusi
New Media yang  berperan sebagai sarana distribusi, misalkan melakukan penjualan di situs jejaring sosial.
·         New Media sebagai Data Digital Dikendalikan oleh Software
New Media mengandalkan representasi digital dan computer berbasis pengiriman untuk melakukan berbagai kualitas umum, lali kemudian New Media dijadikan sebagai data digital yang dapat dimanipulasi oleh perangkat lunak lainnya. 


Pengertian internet sendiri sebenarnya itu adalah sebuah jaringan komputer. Pertama kali dibentuk oleh Departemen Pertahanan yang berada di Amerika Serikat pada tahun 1969, yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer berbasis UNIX bisa berkomunikasi jarak tak terhingga dengan menggunakan saluran telepon. Terancanglah sebuah proyek dalam bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, sekarang dikenal dengan sebutan TCP/IP.
Awal tujuan dibuatnya proyek tersebut untuk kepentingan dalam militer di Departemen Pertahanan Amerika, yaitu untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan menghindarimenghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara dan University of Utah.


Pandangan Terhadap New Media:

New Media hadir dikarenakan kebutuhan atau aktifias manusia yang semakin meluap.
Oleh karena itu manusia menghadirkan New Media dengan tujuan pokok mempermudah.
Baik mempermudah untuk berbuat benar ataupun mempermudah berbuat salah,
oleh karena itu, gunakanlah New Media dengan bijak.


Manfaat New Media

Adanya teknologi New Media sangatlah bermanfaat bagi kita sebagai makhluk sosial untuk mendapatkan berbagai macam informasi. New Media tidak membatasi sumber daya, dan tidak membatasi adanya pengalaman yang interaktif. Beberapa kelebihan yang dapat saya angkat dari New Media diantaranya :  
·         New Media meningkatkan kecepatan berkomunikasi dengan orang lain
·         New Media membantu kita menjalankan komunikasi yang interaktif dan tidak sekedar 2
          arah saja.


Component New Media

* Produsen : Yang membuat New Media tersebut.
* Distributor : Yang menyalurkan kepada konsumen.
* Konsumen : Yang memakai (menggunakan) New Media.

Contoh Komponen dari new media yaitu : Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart Phone dapat dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita dapat mengakses bebesapa situs jejaring sosial. Internet dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat mengakses berbagai informasi dimanapun kita berada. Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar. Komputer dijadikan sebagai komponen New Media karena computer juga dapat memudahkan kita mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan, antara Smart Phone dengan Internetm dan juga Komputer dengan Internet. Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya.


Aplikasi New Media

-          Salah satu contoh dari New Media saat ini adalah Internet.
mengapa internet?
karena dengan hadirnya internet, kita dapat mempermudah berbagai macam urusan.
contohnya dalam urusan hiburan, komunikasi, informasi, transaksi uang, jual beli higga pekerjaanpun kini sudah dapat dilakukan dengan mudah dan singkat dengan menggunakan internet.
Berbeda dengan waktu dulu (tahun jebot, jadul alias jaman dulu) sebelum hadirnya internet,
mereka yang mengalami masa tersebut akan mencari hiburan melalui TV/Radio/Video CD/dll, sedangkan dalam komunikasi mereka menggunakan surat biasa/telepon/dll, untuk transaksi uangpun kini sudah banyak jasa internet banking yang dapat dilakukan untuk mempermudah dalam hal berniaga hingga membayar listrik/telepon/air/pengisian pulsa/dll, untuk urusan jual beli dahulu mereka akan sibuk dipusingi untuk berpergian mencari toko, akan tetapi kini sudah banyak yang mengggunakan sistem toko online yang dapat dilihat melalui internet, dan akhirnya cari uang (penghasilanpun) kini juga dapat menggunakan internet, sungguh berbeda bukan jaman dulu sama dengan jaman sekarang?

-          Contoh kedua dari New Media pada masalah transportasi adalah sebagai berikut:
Jaman dulu alias jadul mereka yang mengalami menggunakan alat transportasi seperti sepeda/kuda/onta/getek/dll.
Akan tetapi sekarang ini (new media) sudah menggunakan mesin (bermotor) untuk melakukan transportasi sehingga perjalananpun lebih cepat bila dibandingkan dengan jaman dulu.



Contoh lain dari NewMedia adalah
-          Facebook : Facebook adalah jejaring social yang didirikan oleh Mark Zuckerberg dan teman-temannya. Facebook diluncurkan pada tahun 2004. Media jejaring social ini adalah contoh aplikasi yang digunakan untuk berinteraksi dengan manusia lainnya di seluruh dunia seakan tanpa ada batasan geografi. Facebook memungkinkan semua orang dapat terdaftar dan menggunakan media aplikasi ini dengan batasan umur minimal 13 tahun.

-          Twitter : Twitter adalah sebuah situs web mikroblogging yang memungkinkan penggunannya mengirim atau membaca pesan yang bisa disebut tweets (kicauan). Pesan dalam mikroblogging ini hanya dibatasi 140 karakter untuk tiap penulisannya.  
          


Sumber : 
1. wikipedia.com
2. fikriaulia03.blogspot.com

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment