PERBEDAAN DELPHI DAN VISUAL BASIC

Kamis, 10 Mei 2012 0 komentar
Perbedaan DELPHI  dan  VISUAL BASIC

       DELPHI















Delphi adalah sebuah IDE Compiler untuk bahasa pemrograman Pascal dan lingkungan pengembangan perangkat lunak. Produk ini dikembangkan oleh CodeGear sebagai divisi pengembangan perangkat lunak milik Embarcadero, divisi tersebut sebelumnya adalah milik Borland. Bahasa Delphi, atau dikenal pula sebagai object pascal (pascal dengan ekstensi pemrograman berorientasi objek (PBO/OOP)) pada mulanya ditujukan hanya untuk Microsoft Windows, namun saat ini telah mampu digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk Linux dan Microsoft .NET framework (lihat di bawah). Dengan menggunakan Free Pascal yang merupakan proyek opensource, bahasa ini dapat pula digunakan untuk membuat program yang berjalan di sistem operasi Mac OS X dan Windows CE.

Umumnya Delphi lebih banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi desktop dan enterprise berbasis database, tapi sebagai perangkat pengembangan yang bersifat general-purpose ia juga mampu dan digunakan dalam berbagai jenis proyek pengembangan software. Ia juga yang dikenal sebagai salah satu yang membawa istilah RAD tool, kepanjangan dari Rapid Application Development, saat dirilis tahun 1995 untuk windows 16-bit. Delphi 2, dirilis setahun kemudian, mendukung lingkungan windows 32-bit, dan versi c++, C++Builder, dirilis beberapa tahun kemudian. Pada tahun 2001 sebuah versi linux yang dikenal sebagai Kylix tersedia. Dengan satu rilis baru setiap tahunnya, pada tahun 2002 dukungan untuk Linux (melalui Kylix dan CLX component library) ditambahkan dan tahun 2003 .NET mulai didukung dengan munculnya Delphi.Net (Delphi 8).




           VISUAL BASIC
















Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windowsdengan menggunakan model pemrograman (COM). Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat. Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda. Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan.
Visual Basic merupakan bahasa yang mendukung Pemrograman berorientasi objek , namun tidak sepenuhnya, Beberapa karakteristik obyek tidak dapat dilakukan pada Visual Basic, seperti Inheritance tidak dapat dilakukan pada class module, Polymorphism secara terbatas bisa dilakukan dengan mendeklarasikan class module yang memiliki Interface tertentu. Visual Basic (VB) tidak bersifat case sensitive.
Visual Basic menjadi populer karena kemudahan desain form secara visual dan adanya kemampuan untuk menggunakan komponen-komponen ActiveX yang dibuat oleh pihak lain. Namun komponen ActiveX memiliki masalahnya tersendiri yang dikenal sebagai DLL hell,Pada Visual Basic .NET, Microsoft mencoba mengatasi masalah DLL hell dengan mengubah cara penggunaan komponen (menjadi independen terhadap registry).



PERBEDAAN VB DAN DELPHI


DELPHI dan VISUAL BASIC  merupakan pemograman yang objek oriented programing, yang satu merupakan terusan dari microsoft(vb) dan yang satu lagi dari borland(delphi). Secara tampilan keduanya terlihat hampir mirip, dari form dan tempat pengkodeannya. Secara kasar tampilan antara keduanya dibedakan pada letak object inspector nya, delphi berada pada sebelah kiri sedangkan vb berada di sebelah kanan.
Toolbox yang ada pun sebenarnya mempunyai mempunyai fungsi yang hampir serupa walupun nama pada masing-masing berbeda. Selain itu perbedaan antara vb dan delphi menurut mereka yang bergelut dalam dunia pemograman antara lain:

1. VISUAL BASIC bila membuat aplikasi database sedikit lebih rumit, karena  tidak ada component yang native ke database seperti  di delphi (ttable, dbgrid, dkk) jadi harus bikin classnya dulu untuk mengatasi hal-hal seperti ini.

2. VISUAL BASIC  tidak dapat untuk membuat thread !! untuk membuat aplikasi realtime jadinya tidak realiable komponen socketnya terkesan pas-passan, tapi di delphi sudah disediakan.

3. OOP di VISUAL BASIC belum total OOP, karena masih banyak batasannya kecuali kalau sudah dot net.

Dan menurut mereka vb membuat yang mudah menjadi mudah, sedangkan delphi membuat yang susah lebih mudah. Dan berdasarkan yang saya baca kebanyakan dari mereka lebih mengunggulkan delphi. Secara interface vb memang lebih unggul dari delphi, tapi dalam keamanan delphi sepertinya lebih unggul.
jadi untuk pemula yang belum paham betul dengan bahasa pemrograman saran disarankan umtuk memilih VISUAL BASIC karena interfacenya lebih mudah dipahami oleh pemula, dan setelah mengerti sedikit dengan VISUAL BASIC baru beralih ke DELPHI.



SUMBER :
http://id.wikipedia.org/wiki/Visual_Basic
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20111219052957AAQzfIa
http://novyanti07.wordpress.com/2008/07/14/perbedaan-vb-dan-delphi/
http://intanpermata92.blogspot.com/2012/04/delphi.html

0 komentar:

Poskan Komentar

 

©Copyright 2011 Lutfi's Creativity - DESIGN | TNB