Ringkasan Bab 1-4 Ilmu Budaya Dasar

Jumat, 29 Juni 2012 0 komentar
Ringkasan Bab 1-4

    1.   Manusia dan Kebudayaan

       Manusia
Dipandang dari segi ilmu eksakta, manusia adalah kumpulan dari partikel-partikel atom yang membentuk jaringan sistem yang dimiliki oleh manusia ( ilmu kimia ). Manusia merupakan kumpulan dari berbagai sistem fisik yang saling terkait satu sama lain dan merupakan kumpulan dari energi ( ilmu fisika ). Manusia merupakan mahluk biologis yang tergolong dalam golongan  mahluk mamalia ( biologi ). Dalam ilmu-ilmu sosial, manusia merupakan mahluk yang ingin memperoleh keuntungan atu selalu memperhitungkan setiap kegiatan, sering disebut homo economicus ( ilmu ekonomi ).  Manusia merupakan mahluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri ( sosiologi ), mahluk yang selalu ingin mempunyai kekuasaan ( politik ). Dan lain sebagainya.

Pengertian Kebudayaan
Kebudayaan selalu dimiliki oleh setiap masyarakat, hanya saja ada suatu masyarakat     yang lebih baik perkembangan kebudayaannya dari pada masyarakat lainnya untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakatnya.
 Bertitik dari sistem inilah maka kebudayaan paling sedikit memiliki 3 wujud antara lain :
          wujud sebagai suatu kompleks dari ide, gagasan, norma, peraturan dan sejenisnya. Ini   
          merupakan wujud ideal kebudayaan. Sifatnya abstrak, lokasinya didalam pikiran masyarakat   
          dimana kebudayaan itu hidup
          kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas kelakuan berpola dari manusia dalam  
          masyarakat
          kebudayaan sebagai benda hasil karya manusia

        2.   Manusia dan Cinta Kasih

Pengertian Cinta Kasih
Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya WJS Poerwadarminta. Cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayagn (kepada). Ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya sedangkan kata kasih artinya perasaan saying atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (saying) kepada seseorang yang disertai menaruh belas kasihan.

Kasih Sayang
Kasih saying  adalah perasaan saying, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Dalam kehidupan berumah tangga kasih sayaing merupakan kunci kebahagiaan. Kasih saying ini merupakan pertumbuhan dari cinta.
           
            Kemesraan
Kemesraan berasal dari kata dasar mesra, yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan ialah hubungan yagn akrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan kasih saying yang mendalam.

             Pemujaan
 Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang        diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual.

             Belas Kasihan
             Cinta sesama ini diberikan istilah belas kasihan untuk membedakan  antara cinta   kepada orang tua, pria-wanita, cinta kepada Tuhan.



3.  Manusia dan Penderitaan

Pengertian Penderitaan
Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung. Derita artinya  menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan dapat berupa penderitaan lahir atau batin atau lahir dan batin.

            Kekalutan Mental
       Penderitaan batin dalam ilmu psikologi dikenal sebagai kekalutan mental. Secara lebih sederhana kekalutan mental adalah gangguan kejiwaan akibat ketidakmampuan seseorang menghadapi persoalan yang harus diatasi sehingga yang bersangkutan bertingkah laku secara kurang wajar.

Apabila kita kelompokkan secara sederhana berdasarkan sebab-sebab timbulnya penderitaan, maka penderitaan manusia dapat diperinci sebagai berikut :
  1. Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia
  2. Penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaan/azab Tuhan

Orang yang mengalami penderitaan mungkin akan memperoleh pengaruh bermacam-macam dan sikap dalam dirinya. Sikap yang timbul dapat berupa sikap positif ataupun sikap negative. Sikap negative misalnya penyesalan karena tidak bahagia, sikap kecewa, putus asa,  atau ingin bunuh diri. SIkap positif biasanya kreatif, tidak mudah menyerah, bahkan mungkin  timbul sikap keras atau sikap anti.



        4.   Manusia dan Keindahan

            Menakar Arti Sebuah Nilai Keindahan 
Kehidupan yang indah untuk sebagian besar dunia, sering didefinisikan oleh kekayaan pribadi atau setidaknya, kemudahan hidup.Kehidupan indah bukan penghakiman, marah, takut, balas dendam, bangga, khawatir, nafsu, ketidakpercayaan, kesibukan, memperoleh kekuasaan, atau melindungi kekuasaan. Kehidupan yang indah tidak membandingkan diri dengan orang lain, tidak bersaing untuk sanjungan orang lain, dan tidak menyimpan agenda tersembunyi dan dendam jangka panjang.

Tampak bahwa kehidupan yang indah haruslah menyertakan banyak tawa. Bukan tawa penuh dengan kemarahan sarkasme, tapi tawa yang diisi dengan sesuatu yang benar-benar lucu atau menyentuh. Orang yang hidup dengan kehidupan indah melihat humor dalam banyak hal, termasuk kenikmatan menertawakan diri mereka sendiri. Ya, kehidupan yang indah harus menyertakan tawa. Terlihat bahwa kehidupan yang indah haruslah juga mencakup tangisan. Air mata datang dengan mudahnya dalam kehidupan yang indah. Sebuah kehidupan yang indah tersentuh secara mendalam ketika ada manusia terluka, kata lembut, atau pelukan hangat.

Sebuah kehidupan yang indah juga harus mencakup sukacita dan kebahagiaan. Bukan jenis kebahagiaan yang membawa kesenangan sementara, tetapi yang nyata dan abadi. Sebagaimana CS Lewis menulis, “Allah tidak dapat memberi kita kebahagiaan dan damai terpisah dari diri-Nya, karena itu tidak ada. Tidak ada yang seperti itu”. Oleh karena itu., Kehidupan yang indah harus mencakup pelatihan jiwa dengan pelajaran pertama untuk belajar bahwa kita tidaklah memiliki jiwa, tetapi kitalah jiwa tersebut!

Sebuah kehidupan yang indah juga harus mencakup belajar dan menghubungkan.     Belajar tentang hidup, orang, dan fakta melalui buku dan pengalaman adalah kehidupan yang indah. Sebuah kehidupan yang indah harus menyadari bahwa kita semua terhubung, mengetahui bahwa kita tidak boleh menyakiti atau mengeksploitasi pihak lain karena kita akan hanya merugikan dan mengeksploitasi diri kita sendiri.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

©Copyright 2011 Lutfi's Creativity - DESIGN | TNB