James Derulo's

Portfolio

PERSIAPAN SEA GAMES 26 INDONESIA

Leave a Comment
PERSIAPAN SEA GAMES 26 INDONESIA 
                              

Persiapan SEA Games XXVI yang tidak sempurna semestinya membuat kita awas. Sebagai tuan rumah perhelatan olahraga negara-negara ASEAN ini,  Indonesia perlu menyiapkan segala sarana secara maksimal. Tapi persiapan yang serba mepet--entah disengaja atau tidak--akan membuka peluang masalah. Inilah yang perlu diawasi ketat.
Hanya, publik tentu bertanya-tanya kenapa pemerintah tidak sejak awal mempersiapkan diri. Jika persiapannya matang, semestinya tidak diperlukan  kelonggaran untuk mengadakan barang tanpa tender. Kinerja Kementerian Pemuda dan Olahraga pun dipertanyakan. Apalagi Indonesia sudah ditetapkan  sebagai tuan rumah SEA Games sejak empat tahun lalu.
Bayangkan, dari total anggaran perhelatan itu sebesar Rp 3,1 triliun, hingga sekarang baru sebagian digunakan. Berbagai sarana, termasuk arena  pertandingan dan sarana teknologi informasi, misalnya, belum siap. Masalahnya, jika proses pengadaan dilakukan secara normal lewat tender akan memakan waktu minimal 45 hari. Artinya, tak cukup waktu tersisa.
Itu sebabnya, panitia kemudian mendesak agar penggunaan anggaran tidak lagi melalui proses tender sebagaimana seharusnya. Panitia juga meminta  agar bisa langsung mengelola uang dari sponsor tanpa harus memasukkannya ke kas negara lebih dulu. Kedua permintaan inilah yang kemudian dituangkan dalam keppres dan perpres itu.
Modus seperti itu sering dilakukan oleh penyelenggara negara kita. Baik pejabat maupun politikus Senayan terkesan menunda-menunda proses penganggaran  dan pelaksanaan proyek. Lalu, mereka sepakat melakukan penunjukan langsung dengan alasan waktunya mepet. Bedanya, kali ini panitia meminta perpres sebagai pelindung agar tidak dipersalahkan di kemudian hari.
Kalangan antikorupsi memang dalam posisi serba serba salah. Mereka akan dituding merecoki penyelenggaraan SEA Games bila terlalu kritis. Tapi, membiarkan penggunaan duit rakyat secara sembarangan atau berpotensi mengundang korupsi juga tidak tepat. Itu sebabnya, panitia perhelatan ini tetap harus diawasi dengan ketat.
Perusahaan-perusahaan yang mendapat proyek SEA Games tetap perlu disoroti jika penunjukan dilakukan dengan kurang wajar. Misalnya, perusahaan itu  kurang memiliki rekam jejak yang baik atau reputasinya diragukan untuk mengurus perhelatan besar. Lagi pula, panitia tetap bisa dipidanakan bila penunjukan itu penuh dengan kolusi atau karena disuap.
Kita masih ingat, korupsi di Komisi Pemilihan Umum 2004 antara lain terjadi dengan modus penunjukan langsung pengadaan barang. Alasan yang  dikemukakan sama, yaitu waktu yang terlalu sempit untuk menjalani proses normal. Itu sebabnya, panitia dan para pejabat Kementerian Pemuda dan Olahraga mesti tetap berhati-hati agar tak terjebak dalam kesalahan yang sama.

Menurut pendapat Menteri Pemuda dan Olahraga bahwa Menurut dia semua pembangunan infrastruktur pendukung seperti stadion dan penginapan atlet sudah selesai meski diakuinya sejumlah hal kecil masih dalam taraf pengerjaan.

Bahkan, kata Andi, sejumlah beberapa cabang sudah melakukan uji coba di stadion-stadion baru.
"Hampir semua venue sudah dicoba. Yang di Jakarta semua sudah. Itu berarti 22 cabang olahraga," kata Andi saat diwawancarai BBC Indonesia di kantornya, Selasa (2/11).
Selain di Jakarta, lanjut Andi, hampir semua gelanggang di kompleks olahraga Jakabaring, Palembang hampir semua sudah dicoba.
"Atletik bahkan sudah dicoba lintasannya, tinggal bangunan kiri kanannya. Yang selesai tanggal 3 November ini panjat tebing," kata mantan juru bicara presiden itu.
Beberapa venue yang belum selesai pembangunannya misalnya menembak dan renang.
"Kolam renang tinggal scoring board. Menembak tinggal memasang beberapa peralatan," tegasnya.

Andi menjelaskan kesan buruknya persiapan Indonesia tak lepas dari keputusan menggelar perhelatan besar seperti Sea Games tak hanya di Jakarta.
"Dulu Sea Games dan PON selalu dilakukan di Jakarta. Kalau mau gampang ya di Jakarta saja, tinggal renovasi saja semua sudah tersedia," papar Andi.
Saat ini, tambah Andi, pemerintah menginginkan daerah-daerah di luar Jakarta memiliki sarana olahraga bertaraf internasional.
Keinginan itulah yang akhirnya membuat pemerintah memilih Palembang juga untuk ikut menjadi tuan rumah pesta olahraga negara-negara ASEAN ini.
"Dengan keputusan ini maka pembangunan infrastruktur olahraga daerah dilakukan," ujar Andi.
"Keuntungannya, nanti kita akan memiliki kompleks olahraga internasional di Jakabaring," tambah dia.
Dengan fasilitas yang sudah dimiliki Jakabaring, di masa depan pemerintah berencana mendirikan sekolah olahraga di Palembang.
Sea Games ke-26 akan digelar pada 11-22 November di Jakarta dan Palembang. Perhelatan dua tahunan ini akan diikuti sedikitnya 12.000 atlet dan official yang belaga dalam 43 cabang olahraga.
Dalam Sea Games dua tahun lalu di Vientiane, Laos, Indonesia menduduki peringkat ketiga.




Walaupun begitu tetapi Sea Games XXVI Indonesia tetap berjalan dengan baik dan lancar, SEA Games 2011 Resmi Dimulai Jum'at, 11 November 2011 - 21:24 wib Achmad Firdaus - Okezone detail enlarge this image PALEMBANG – Acara opening ceremony SEA Games XXVI 2011 yang digelar di Stadion Jakabaring Palembang akhirnya digelar. Acara dibuka dengan kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono ke Stadion berkapasitas 40 ribu orang itu. Dalam kesempatan ini SBY dan Ibu Ani tampak mengenakan busana khas Sumatera Selatan. Setelah Presiden berada di panggung kehormatan, acara dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu Indonesia Raya.
Setelah itu, kemeriahan dilanjutkan dengan penampilan tarian-tarian kolosal oleh anak-anak dan remaja yang melibatkan sekitar 3 ribu penari. Dalam pembukaan kali ini, setidaknya enam tarian ditampilkan dengan beragam kostum yang mencirikan keragaman Indonesia. Lanjutnya, Agnes Monica dkk tampil mendendangkan lagu SEA Games 2011. Tak hanya itu, panitia juga menampilkan aksi teaterikal dengan menyiapkan sebuah perahu layar yang menceritakan Indonesia sebagai negara bahari. Seluruh rangkaian pertunjukan sangat megah karena melibatkan efek-fek grafis yang memukau. Selanjutnya,acara menampilkan defile para atlet, yang diiringi miniatur mobil simbol negara peserta. Indonesia sendiri menampilkan Candi Borobudur dan Komodo dengan balutan kain batik di leher. Sebagai peresmian, Ketua KONI/KOI Rita Subowo, Menegpora Andi Mallarangeng memberikan sambutan dengan ditutup pidato Presiden SBY.
"Dengan terlebih dulu memohon ridla Allah Swt, SEA Games XXVI 2011 yang dilaksanakan di Palembang dan di Jakarta dengan resmi saya nyatakan dimulai," ujar Presiden SBY. Acara yang diwarnai guyuran hujan ini juga menghadirkan enam mantan atlet nasional yang membawa obor secara berpasang-pasangan dan menyerahkannya kepada pasangan mantan raja dan ratu bulutangkis dunia, Alan Budikusuma dan Susi Susanti, untuk dibawa ke kapal layar yang berada di tengah lapangan.
Puncaknya, Susi membawa tombak dengan terbang menggunakan tali dari kapal layar menuju ke arah kaldron berbentuk bunga lotus raksasa setinggi sekira 22 meter. Susi kemudian menombak kaldron itu sehingga nyala api berkobar di kaldron sebagai tanda resminya SEA Games 2011 dimulai. Kemeriahan pun semakin semarak dengan pesta kembang api di udara.
Di penghujung acara artis Joy Tobing menyanyikan lagu ciptaan Presiden SBY "United and Rising" dan pemutaran lagu "Kita Bisa". SEA Games 2011 ini digelar di Palembang dan Jakarta mempertandingkan 41 cabang yang dihelat 11-22 November 2011. Sebanyak 23 cabang dipertandingkan di Jakarta sisanya 18 cabang digelar di Palembang. Sebagai tuan rumah Indonesia menargetkan posisi juara umum.

Daftar Pustaka :
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment